Pemkab Pohuwato Pelajari Pengeleloaan Destinasi Wisata Dilombok Tengah

banner 468x60

POJOKberit.id, POHUWATO __ Dinilai berhasil mengembangkan destinasi wisata, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pohuwato kunjungi Kabupten Lombok Tengah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) guna lakukan studi tiru pengelolaan pariwisata.

Kepala Baperlitbang Irfan Saleh menjelaskan, secara goegrafis Lombok Tengah menyerupai Kabupaten Pohuwato, dimana memiliki potensi wisata laut, pegunungan, dan budaya.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Sehingganya tujuan kunjungan ini kata Irfan, untuk mendapatkan informasi serta bagaimana strategi yang digunakan Pemkab Lombok Tengah khususnya Dinas Periwisata, dalam mengembangkan destinasi mereka.

“Salah satunya wisata budaya, separti yang kita sudah kunjungi ada klaster-klaster wisata yang di tetapkan di desa desa, kemudian itu menjadi satu destinasi yang bisa dikunjungi oleh wisatawan dari berbgai macam asal bahkan dari luar negeri,”ungkapnya usai melakukan pertemuan dengan unsur Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Tengah, Kamis (02/06/2022)

Selanjutnya Irfan meyampaikan, dari hasil pertemuan itu banyak hal-hal yang bisa di terapkan guna mengembangkan potensi wisata di Kabupaten Pohuwato.

Yang mana diantranya ucap Irfan, pertama penguatan komunitas, penguatan Pemerintah Desa yang sudah memulai membangun spote-spote wisata di desa masing-masing, uga pelatihan bagi masyarakat yang terlibat langsung di dunia pariwisata, para pengusaha hotel, juga yang terlibat dalam akomodasi.

“Dari informasi yang di sampaikan Kadis Pariwisata Lombok Tengah, sebelum adanya destinasi prioritas Nasional Mandalika disini PAD hanya Rp.75 juta, tapi setelah adanya sirkuit mandalika ini perkembangan luar biasa, kurang lebih Rp. 600 Milyar PAD yang didapatkan dari pariwisata,”tuturnya

Hal ini menurut Irfan, yang pelru dipelajari dan juga pihaknya tidak akan berhenti belajar dan mencari inovasi-inovasi dari daerah yang letak geografisnya selaras, demi perkembangan destinasi wisata di Kabupateten Pohuwato dari berbagai aspek.

Sementara itu, Kadis Pariwisata Kabupaten Lombok Tengah Lendek Jayadi, memberikan apresiasi kepada Pemkab Pohuwato yang telah mengunjungi Daerah mereka untuk bertukar pengalaman demi perkembangan pariwisata di Nusantara.

“Silaturahmi ini semoga tidak hanya sampai disini, tetapi sambung rasa tetap terpaut dalam rangka mengampuh pariwisata yang merupakan salah satu media kita untuk mengembangkan Negara Kesatuan Republik Indonesia,”pungkasnya.

Penulis : (PB/Isjan)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60