Bupati Pohuwato Umumkan Hari Raya Idul Adha Jatuh Pada Tanggal 10 Juli 2022.

banner 468x60

Bupati Pohuwato Umumkan Hari Raya Idul Adha jatuh Pada Tanggal 10 Juli 2022.

 

Bacaan Lainnya
banner 300x250

POJOKberita.id, POHUWATO.– Dalam rangka pelaksanaan acara TONGGEYAMO idul adha tahun 2022M/1444H yang bertemakan Dengan Berkurban kita tingkatkan rasa takwa kepada allah SWT & rasa peduli sesama di Rumah Dinas Bupati Pohuwato.Sabtu 9 Juli 2022.

 

Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Pohuwato Saipul A Mbuinga, Ketua DPRD Nasir Giasi bersama Forkopimda, tokoh adat, tokoh agama, tokoh perempuan Kabupaten Pohuwato.

 

Kemenag Pohuwato Fahri Djafar menyampaikan setalah kemarin Penetapan yang di laksanakan pada hari jumat maka seluruh titik yang di tunjuk untuk menetapkan pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1443H itu telah melihat halal Sudah berada di atas Ufu sehingga demikian di tetapkan pelaksanaan Idul adha jatuh pada hari minggu tanggal 10 Juli 2022.

 

” jadi setelah kita melihat bersama kemarin kemenag pusat telah mengumumkan rukhtiathul halal hingga saat ini sudah di umumkan kembali Penetapan pelaksanaan Sholat Idul Adha jatuh pada hari minggu maka demikian kita mengikuti putusan yang telah di tetapkan” Ungkap Fahri.

 

Selanjutnya kohati menyampaikan bahwa pada pelaksanaan sholat idul adha besok pukul 07.00 di mesjid besar Baiturahman Kabupaten Pohuwato dan selanjutnya di lanjutkan dengan kegiatan pemotongan sapi kurban.

 

“pelaksan sholat esok Hari pukul 07.00 Khotibnya ust. Wisnu Pakaya Imam asrama usuna bilal sholat saradaa duhiadaa abdurahman kaani bilal penyerahan tongkat saradaa taluduyunu idris tamu dan selanjutnya setelah sholat dilakukan pemotongan kurban” Jelasnya.

 

Di samping itu Bupati Pohuwato Saipul A Mbuinga juga menyampaikan bagi kita yang melaksanakan kurban itu merupakan suatu wujud ketaatan kepada perintahnya dengan meneladani rasulnya serta memperingati peristiwa besar dalam sejarah peradaban islam yakni pengorbanan nabi Ibrahim as. dan ismail as.

 

“Inilah hari besar kemanusiaan dan keimanan yang di tandai dengan syiar penyembelihan hewan kurban untuk mengenang peristiwa keteladanan dan ketaatan nabi Ibrahim as setelah beliau menerima wahyu ilahi melalui mimpi untuk menyembelih putranya sebelum menjadi ujian yang amat berat di laksanakan bahkan tidak terbayarkan dari segi kemanusiaan” Sambut Saipul.

 

Saipul pun menambahakan hal ini akan lebih baik bila di lesterikan dan di terapkan dalam diri kita, keluarga dan daerah kita Pohuwato tercinta.

 

” bapak ibu sekalian tantangan yang kita hadapi saat ini adalah masih tingginya angka kemiskinan maka nilai–nilai esensial dari Berkurban ini dapat digunakan untuk mengubah rasa kepekaan kesekian kita untuk dapat memperhatikan, menoleh, dan menitipkan nasib dari kaum duafa agar mereka bisa terangkat kehidupan sosialnya.” Lanjutnya.

 

Terakhir dalam kesempatan ini Bupati menyampaikan ucapan syukur dan terimakasih kepada seluruh instansi, perusahaan dan pengusaha lainnya yang telah ikhlas berbagi hewan kurban untuk di hibahkan untuk disembeli dan di berikan kepada akum duafa.

 

“Dalam kesempatan yang baik ini saya mengucapkan apan terimakasih kepada seluruh pimpinan OPD, para dermawan,dan pihak perusahaan yang telah menyumbangkan hewan kurban pada masyarakat semoga ama lbadah dan keikhlasan kita dalam melaksanakan ibadah kurban ini dapat di terima oleh allah SWT. Dan mari bersama kita doakan mereka para sodara,sahabat dan tetangga kita yang telah menjalankan ibadah haji di Mekah semoga di berikan kesehatan dan kelancaran sampai balik ke kampung halamannya.” Tutup Bupati.

 

 

Penulis : (Isjan/PB).
banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60