BPS Kabupaten Gorontalo Laksanakan Lanjutan Sensus Penduduk Tahun 2020

banner 468x60

POJOKberita.id, LIMBOTO, __ – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Gorontalo di Tahun 2022 melaksanakan kegiatan Sensus Penduduk (SP) 2020 lanjutan.

Kegiatan itu tengah mulai dilakukan sosialisasi oleh BPS kepada jajaran  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo dalam hal ini tingakatan OPD dan Camat Se-Kabupaten Gorontalo, Rabu (11/5/2022) di resto Orasawa Kelurahan Biyonga Kecamatan Limboto.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Kepala BPS Kabupaten Gorontalo Awaludin Kurusi melaporkan bahwa kegiatan ini diawali dengan pemutahiran rumah tangga mulai tanggal 15-31 Mei dan pendataan lapangan di mulai dari 1 Juni-31Juni Tahun 2022.

“Mengigat pentingnya informasi akan dihasilkan maka kami meminta dukungan kepada Bupati Gorontalo bersama jajaran Pemkab Gorongalo untuk membantu mengsosialisasikan sensus penduduk 2020 lanjutan.”ujarnya

“Kepada masyarakata kami berharap masyarakat menerima petugas serta memberikan infromasi yang benar,” tambahnya lagi.

Sementara itu, Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo saat menghadiri kegiatan itu mengatakan, Pemkab Gorontalo terus mendukung sensus penduduk 2020 lanjutan.

Hal ini dilakukan karena Kata Nelson, Data akurat sangat memiliki peran penting untuk digunakan dalam fondasi perencanaan pembangunan.

Sehingganya, Nelson berharap kepada OPD, bersama Camat agar membantu suksesnya Sensus Penduduk 2020 lanjutan di Kabupaten Gorontalo.

“Untuk itu, dalam pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 lanjutan. Bisa memahami pelaksanannya karena lebih detail dengan berbagi indikator karena data ini sangat dibutuhkan,” ungkap Nelson.

Tak hanya itu, Bupati dua periode ini juga akan melakukan sosialisai kepada masyarakat melalui Dinas Kominfo.

“Maka melalui Dinas Kominfo menyampaikan informasi ke OPD lainnya terutama para camat untuk di sampaikan ke seluruh Kepala Desa dan Lurah agar dapat di pahami tentang kebutuhan tentang sensus penduduk tersebut.”ucapnya.

“Sebab waktu pelaksanaanya sensus penduduk ini hanya dua bulan, jadi menurut saya butuh strategi, komunikasi dan sosialisasi sehingga ada kesadaran masyatakat punya kesadaran untuk mengisi dokumen dan akurat,” lanjut Nelson.

Nelson menilai kolaborasi antara BPN dan Pemkab Gorontalo yang dilakukan selama ini sangat baik, terutama bertepatan deng moment awal pemerintahannya di periode kedua.

“Dalam mengakurasi lebih baik perencanaan pembangunan di Kabupaten Gorontalo kedepan, olehnya kepada Kepala BPS bila sudah ada hasilnya dapat disampaikan ke pemerintah daerah untuk dilakukan sosalisai baik para OPD, Camat dan Kepala Desa,” pungkas Nelson.

Penulis : BBC/Pojok

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60