Senator Djafar Alkatiri Ikut Mandi Safar,Bersama Warga Bolmut

banner 468x60

POJOKberita.ID, BOLMUT — Senator DPD RI Hi Djafar Alkatiri sepertinya sangat menghargai undangan kegiatan yang bersifat tradisi di satu daerah.Diselah-selah Kesibukan Kunjungan Ke Daerah-derah Untuk Kepentingan Negara.Senator Ir Hi Djafar Alkatiri hadir dalam acara mandi safar bersama waraga Busato. ) Rabu,06/10/2021

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Mandi safar menjadi kegiatan setiap tahun di Desa Busato Kecamatan Pinogaluman Kab. Bolaang Mongondow Utara.Namun kali ini ada yang menarik, karena ikut dihadiri oleh Anggota Senator DPD-RI Djafar Alkatiri.Menurut Ketua Komite DPD-RI Djafar Alkatiri, agendanya di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) adalah untuk revisi Undang-Undang (UU) dalam rangka penyulu pertanian.

“Namun saya di undang oleh Bupati dan Wakil Bupati menghadiri mandi safar di Desa Busato. Semoga mandi safar ini menjadi keberkahan bagi saya, berkah juga bagi Pemerintah Daerah (Pemda) Bolmut dan seluruh yang hadir disini. Semoga dijauhkan penyakit- penyakit kita selama ini, serta di jauhkan dari Covid-19 yang melanda dunia saat ini. Juga seluruh penyakit jasmani, rohani dalam hati akan hanyut terutama penyakit hati, apabila setelah mandi safar tidak ada lagi penyakit batin,” Terang Senator DPD RI.

Di bawah terik matahari dan dinginnya air sungai andagile bendungan Busato masyarakat saling menyiram air dalam kegiatan tradisi mandi safar oleh masyarakat desa Busato, Kecamatan Pinogaluman, Bolaang Mongondow Utara(Bolmut)

Perlu diketahui pelaksanaan ritual mandi safar dilaksanakan pada hari Rabu akhir bulan safar. Yang dimulai pada malam Rabu dengan membaca ayat-ayat suci Al’quran, barjanji serta berzikir di Masjid. Pada esok hari, tepat hari Rabu pagi merupakan puncak pelaksanaan ritual mandi safar. Yang dilaksanakan oleh pemangku adat bersama pegawai sya’ri yang didahului oleh khalifah atau pemimpin daerah.

Tradisi mandi safar ini hanyalah permintaan dan permohonan doa tolak bala kepada yang maha kuasa agar alam serta isinya dapat terhindar dari bencana dan malapetaka yang akan berganti dengan berkah dan rahmat yang dapat menyelematkan daerah serta seluruh umatnya.

(Redaksi Pojok Doank)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60