Ridwan Yasin : Peran OPD, Camat, Dan Kepala Desa Harus Siaga 1×24 Jam Mengingat Curah Hujan Sangat Tinggi

banner 468x60

POJOKberita.ID,GORUT – Sekretaris Daerah (Sekda) Gorontalo Utara (Gorut) Ridwan Yasin meminta kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi musim penghujan kali ini.

Hal itu diungkapkan saat dihubungi Awak Media melalui sambungan telpon, Minggu (02/08/2020). Mengatakan, tak hanya OPD juga, melainkan para Camat dan kepala Desa harus selalu sigap ketika terjadi bencana di wilayah masing – masing.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

“Saya minta semua OPD terkait Camat sampai kepala Desa untuk siaga. Bagaimana kita harus melakukan upaya – upaya untuk mengurangi dampak risiko bencana. Harus selalu sigap 1×24 jam. Misalkan ketika ada bencana harus peran Camat Dan Kepala Desa juga langsung sigap melakukan langkah-langkah penanggulangan,” ungkap Panglima ASN Gorut itu.

Ia mengatakan, apabila upaya ini terus dilakukan secara optimal maka diharapkan dampak resiko bencana di Daerah bisa terus diminimalisir. Mengingat Gorut sendiri termasuk wilayah rawan banjir maupun tanah longsor.

“Kita tidak bisa prediksi soal banjir dan tanah longsor ini terjadi. Paling tidak kita tetap siaga. Apalagi di Gorut ini ada beberapa kecamatan itu rawan terjadinya tanah longsor. Mislanya ada tempat – tempat yang rawan longsor maka selalu dipantau terus, sehingga ketika terjadi bencana petugas harus segera berada di tempat,” ujar Ridwan.

Menurutnya tak hanya siaga dalam mengantisipasi bencana, pihaknya pun meminta agar OPD terkait, selalu siap teraedia dengan bantuan – bantuan terasbut.

“Kemudian bantuan – bantuan juga harus selalu tersedia, agar supaya begitu masyarakat dilanda bencana, serta merta sudah dapat disalurkan,” terangnya.

Ia juga berharap agar warga yang berada dibantaran sungai untuk tetap waspada, paling tidak warga diharapakan mengungsi ketempat yang lebih aman.

“Jadi masyarakat tetap tenang, dan jangan panik. Nah, disamping itu tidak hanya memberikan edukasi dan pemahaman tentang bahaya bencana, tapi juga harus melakukan tindakan antisipasi. Saya berharap kepada warga yang rumahnya di dekat sungai, agar selalu waspada. Apalagi tempat – tempat yang pernah terjadi tanah longsor, paling tidak kita waspadai juga. Karena mengantisipasi itu lebih baik untuk menyelamatkan nyawa kita,” tutup Ridwan.(*Mor JOB)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60