Peringati HPN Dan HUT PWI ke- 76, Senator SBANL Ajak Insan Pers Perkuat Jati Diri Dan Jaga Integritas

Foto.Senator Stefanus BAN Liow MAP.
banner 468x60

POJOKberita.id, Manado _ Peringatan Hari Pers Nasional atau sering disingkat HPN, dilaksanakan setiap tahun secara bergantian di ibu kota provinsi se-Indonesia. Untuk HPN 2022, kegiatannya dipusatkan di Kendari, Sulawesi Tenggara, dengan tema “Sultra Jaya Indonesia Maju”

Menurut sejarahnya, Hari Pers Nasional ditetapkan berdasarkan hari lahir Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), organisasi profesi wartawan pertama di Indonesia.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Karenanya, peringatan HPN di tahun 2022 ini juga bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) PWI yang ke-76 di tanggal 9 Februari 2022. Memperingati HPN dan HUT PWI ke-76,

Senator Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dari Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Stefanus BAN Liow MAP sejumlah awak media saat diwawancarai Sabtu (19/2/2022), mengungkapkan bahwa

Hari Pers Nasional sendiri merupakan momen untuk memperingati peran dan keberadaan pers secara nasional.

Selain itu, Liow yang juga dikenal dengan SBANL menggatakan bahwa

Jati diri, integritas dan citra pers baik insani maupun wadah berhimpun harus dijaga seiring maju pesatnya perkembangan digital saat ini. Selain tantangan digital, dikatakan SBANL

yang perlu diperhatikan adalah bagaimana Pers dapat melahirkan serta menegakkan jurnalisme yang berkualitas, baik secara industrial maupun komersialisasi.

“Ditambah lagi tuntutan pers yang harus beradaptasi dengan akselerasi teknologi informasi dan komunikasi, membuat pers mengalami kecanggungan,”

Lebih lanjut dijelaskan SBANL Hari Pers Nasional (HPN) telah menjadi ajang silahturahmi dan penyatuan pemikiran untuk kemajuan pers khususnya dan bangsa Indonesia umumnya.

Menurutnya kegiatan ini merupakan agenda tahunan terbesar dan paling bergengsi bagi komponen pers Indonesia.

“Apa lagi seperti kita ketahui bersama bahwa Landasan ideal HPN ialah sinergi, Sinergi antar komponen pers, antara komponen pers, masyarakat dan pemerintah, seperti tergambar pada untaian pita (umbulumbul) yang membentuk huruf HPN.

Saya berharap terobosan-terobosan melalui sejumlah kegiatan yang digelar dalam rangka memperingati Hari Pers dan HUT PWI ke-76 dapat  menunjukan perhatian dan kepedulian kepada sesama insan pers di Indonesia ujar SBANL yang juga sebagai salah satu Penasehat Pengurus PWI Provinsi Sulut.

“Selamat Hari Pers Nasional 2022,  9 Februari 2022, Semoga insan pers Indonesia dapat terus menyajikan informasi terpercaya dan berkualitas sehingga dapat mempersatukan dan mencerdaskan bangsa, ujar SBANL. (*Pb*)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60