Hadirkan Layanan Aplikasi Si-Gency Sofian Mokoginta Dapat Dukungan Kapolres Bolmut

banner 468x60

POJOKberita.id, BOLMUT__ Public Safety Center (PSC) 119 Dinas Kesehatan Meningkatkan pelayanan prima terhadap kesehatan masyarakat di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut)  Dinas Kesehatan (Dinkes), Memilih pelayanan emergency/non emergency yang berbasis teknologi informasi dengan membangun satu aplikasi yakni Sistem Informasi Emergency yang di singkat Si-Gency.

Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Kesehatan (Pelkes) Sofian Mokoginta SK.M, mengatakan, pembangunan kesehatan adalah upaya yang dilaksanakan oleh semua komponen bangsa dalam rangka meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang, agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Hakekat pembangunan kesehatan adalah proses yang terus menerus dan progresif untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, peningkatan derajat kesehatan akan memberikan sumbangan nyata dalam meningkatkan daya saing yang sangat diperlukan dalam era globalisasi. Belum optimalnya pencapaian indikator derajat kesehatan masyarakat, dapat di lihat dari masih tingginya angka kematian ibu (Maternal) dan Bayi (Neonatal) baru lahir, karena angka kematian bayi di Bolmut mencapai target sesuai dengan perhitungan dari rasio angka kematian bayi per 1000 kelahiran hidup, dengan menggunakan perhitungan Infant Mortality Rate (IMR).

“Untuk wilayah Bolmut pada tahun 2020 terdapat kematian bayi 13 orang, sehingga target kinerja Dinas Kesehatan sudah capai target. Bolmut merupakan Daerah lokus stunting dengan persentasi angka stunting pada tahun 2016 sebesar 43,80 persen, kemudian turun di tahun 2017 menjadi 36,80 persen. Maka tren positif penurunan angka stunting juga terjadi di tahun 2018 turun menjadi 22,40 persen, dan selanjutnya data riset kesehatan dasar menyebutkan bahwa tahun 2019 prevalensi stunting berhasil turun hingga angka 15,20 persen. Untuk tahun 2020 prevalensi stunting di Bolmut telah berada pada angka 9,70 persen,” papar Sopian, Senin (27/6/2022).

Lanjutnya, belum optimalnya upaya pengendalian masalah penyakit menular dan tidak menular sebesar 34.9 % dan

belum optimalnya pemenuhan kebutuhan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) kesehatan dari segi kualitas maupun kuantitas 0.62 % dari target 1 %, serta IP

belum optimalnya pelayanan kesehatan unit layanan puskesmas dan PSC 119 secara cepat, tepat, professional akuntaibel melalui system infromasi digitalisasi, sehingga diwujudkannya pelayanan emergency dan non emergency.

“Ini adalah layanan gratis, cepat, tepat, profesional dan akuntablel dengan mempercepat pelayanan informasi dan proses pengiriman dan penerimaan data informasi lebih cepat, tepat dan akurat. Hadirnya aplikasi Si-Gency ini bertujuan untuk menjawab semua permasalahan yang timbul terkait pengelolaan pelayanan kesehatan emergency/non emegency di unit layanan PSC 119 Dinkes Bolmut,” Jelas Sofian Kabit Farmalkes.

Sementara itu Aksi Perubahan Kinerja Organisasi pada unit layanan PSC 119 (Bolmut) yang disusun oleh Sofian Mokoginta, SKM melalui Pembangunan Aplikasi Si-Gency. Dapat dukungan dari Kapolres Bolmut AKBP Wahyu Purwidiarso, SH, SIK.

Sofian Mokoginta, merupakan salah satu Peserta yang mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan I Tahun 2022 pada Pusat Pelatihan dan Pengembangan KMP LAN RI, di Makasar, Provinsi Sulawesi Selatan.

Dukungan Kapolres Bolmut tersebut tertuang dalam Surat Pernyataan Dukungan  untuk melaksanakan aksi perubahan kinerja organisasi yang diberi judul “Pemanfaatan Teknologi Informasi Pengelolaan Pelayanan Kesehatan Emergency / Non Emergency Pada Unit Layanan PSC 119 Pemerintah Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara”.

Sofian Mokoginta menyampaikan terima kasih kepada Kapolres Bolmut yang telah memberikan dukungan penuh atas Pembangunan Aplikasi Si-Gency atau Sistem Informasi Pelayanan Kesehatan Emergency.

“Alhamdulillah, dukungan dari Kapolres Bolmut sudah diterima. Saya juga berharap inovasi aplikasi ini nantinya dapat membantu dan mempercepat informasi dan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di PSC nanti,” Tutupnya.

Diketahui, Sofian Mokoginta pada Instansi Dinas Kesehatan Kabupaten Bolmut dengan Jabatan Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan dan Farmalkes dengan pangkat pembina, gol.ruang IV/a.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60