Edit Tebar Virus Literasi Pada Warga Binaan Lapas Pohuwato

banner 468x60

POJOKberita.id,POHUWATO, -Bahwa hampir setahun kita terpapar wabah virus corona 2019, dimana virus ini berimplikasi pada interaksi sosial, oleh dengan adanya ruang akses kembali dibuka oleh pemerintah, kali ini teman teman educare mengambil peran menggelar Lapak Literasi di Lapas KLAS 2B Pohuwato. yang di gelar di aula Lapas Kabupaten Pohuwato.Jumat, 24 Juni 2022.

Pada Kegiatan Jumat tadi, nampak jelas aktivitas positif dilakukan warga binaan, selain terlihat aktivitas olahraga dan bersih bersih sholat jumat, tepat setelah makan siang, ruang pengunjung telah banyak warga binaan berkumpul,.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Selain adanya kegiatan sosialisasi hukum, terlihat ada beberapa anak muda sedang membuka ruang baca bagi para masyarakat Lapas, dan ada beberapa warga Lapas terlihat sibuk membaca dan juga sibuk mencari buku yang mereka minati.

Isna Hinelo meruapakan perwakilan Educare Institute menyampaikan rasa simpatinya kepada para penghuni lapas yang sampai dengan saat ini yang tidak hanya membutuhkan akses keadilan melainkan membutuhkan akses bacaan yang bisa memungkinkan mengalihkan perhatian mereka dari masalah yang mereka hadapi sehingga mereka bisa berpaling ke hal-hal yang bersifat positif.

” jika educare Institute sering mengelar buku buku anak anak dan bergerak dari halaman sekolah sekolah dan taman yang tersedia dikabupaten Pohuwato kalo kedua untuk tahun ini kami menggelar dilapas Pohuwato”

Saat diwawacara terkait rasa takut menggelar buku didalam Lapas, apalagi mengingat didalam Lapas merupakan para penjahat diputuskan bersalah, apa tidak takut digoda atau dikerjain” tentunya isna sapaan nya menepis hal itu, bahwa selama menggelar dilapas khususnya Lapas Pohuwato, alhamdulillah warga binaan bertindak sopan dansantun saat meminjam buku yang mereka sukai.

Tentu warga binaan perlu mendapatkan akses literasi . Walaupun waktu yang begitu singkat tpi saya berharap ini bisa membantu mereka semua” Ujar Isna.

Isna juga berharap semoga dengan apa yang menjadi program kami ini bisa memberikan motivasi yang kuat untuk kehidupan masing-masing penggemar buku tersebut.

Di sisi lain udin salah seorang penghuni lapas mengatakan sangat terbantu dengan apa yang di lakukan oleh panitia tersebut sehingga menjadikan dirinya lebih termotivasi untuk berinovasi lagi dalam kehidupannya.

” Saya suka buku-buku ini sayangnya hanya sepintas saja bisa di baca sedangkan tulisan tulisan seperti ini sangat saya butuhkan agar tidak merasa terpuruk dalam keadaan yang di hadapi saat ini dan say merasa betah ketika buku ini ada di tangan saya” Ujar udin.

Sementara itu abd Razak Suleman akrabya di sapa abang Razak yang merupakan salah satu penjaga lapas mengatakan beliau sangat berterima kasih atas kunjungan tim tersebut sehingga bisa membawa warna yang baru dalam lingkungan Lapas saat itu.

“Saya melihat dengan hadirnya buku ini ternyata banyak juga peminatnya sehingga saya berharap hal seperti ini bisa di lakukan kembali pastinya dengan sesuai prosedur kelembagaan yang berlaku” tutup Razak.

Penulis : Isjan/PB.
banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60