1 Syawal 1444H/2023M, Bupati: Seseuai Arahan Pemerintah Pusat

banner 468x60

Pemerintah Daerah Kabupaten Pohuwato melaksanakan salat idulfitri di Masjid Agung Baiturrahim Pohuwato setelah ditetapkannya 1 Syawal 1444 Hijriah pada Sabtu, 22 April 2023.

Pelaksanaan salat id diawali dengan adat berupa turun dari rumah jabatan bupati. Salat idulfitri itu dihadiri Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga, Wakil Bupati, Suharsi Igirisa, Forkopimda, Sekda Iskandar Datau, Kakan Kemenag Pohuwato, pejabat teras pemda, pemangku adat berserta petugas pelaksana salat eid.

Bacaan Lainnya
src="https://demo.idtheme.com/img/banner-300x250.jpg" alt="banner 300x250" title="banner 300x250" width="300" height="250"/>

Sampai di halaman masjid proses adat berlanjut sampai dalam masjid yang diiringi dengan kumandan takbir, tahlil dan tahmid. Sekira pukul 07.15 wita dimulai salat id yang dipandu oleh Bilal Salat Sarada Marisa, Arsid Pakili dengan imam yakni Imam Besar Masjid Agung Baiturrahim, Asram Husuna yang kemudian dilanjutkan dengan khutbah dengan Khatib, KH. Abdullah Aniq Nawawi serta Bilal Khutbah Sarada Buntulia, Husin Saleh.

Usai salat id dan mendengar khutbah, ungkapan minal aidin wal faizin disampaikan ketika bersalaman. Demikian juga dengan Bupati Saipul Mbuinga bersama wabup, ketua DPRD, sekda dalam menyambut salaman dari para pejabat mapun masyarakat yang ada di masjid agung. Tak terkecuali pula antara bupati dan wakil bupati saling bersalaman. Suasana idul fitri begitu terasa disaat sesama muslim saling berjabatan tangan baik yang tua maupun yang muda, hari kemenangan umat islam dirayakan dengan penuh hikmah.

Selesai pelaksanaan salat idul fitri dilanjutkan dengan dua lo ulipu di rumah jabatan bupati yang turut dihadiri s forkopimda, DPRD Pohuwato, pimpinan OPD, dan pemangku adat.(isjan/PB).

Pos terkait