TNI Bersama Pemerintah dan Polri Tanam Mangrove, Hidayat: Untuk melindungi Pantai dari Abrasi

banner 468x60

POJOKberita.id,BOLMUT__Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Drs.Hi, Depri Pontoh diwakili Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) DR.Moh. Hidayat Panigoro M.Si Kamis (16/2/2023), mengikuti kegiatan penanaman pohon mangrove.

Hal itu, berdasarkan telegram Dandim 1303/BM tentang kegiatan penanaman pohon mangrove tahun 2023 yang ditujukan kepada Koramil 1303-14/Bolangitang.

Bacaan Lainnya
src="https://demo.idtheme.com/img/banner-300x250.jpg" alt="banner 300x250" title="banner 300x250" width="300" height="250"/>

 

Kegiatan tersebut berlangsung di pantai Desa Nunuka, yang diikuti seluruh anggota Koramil di Bolmong Utara, Kapolsek Bolangitang, Camat Bolangitang Timur serta Pemerintah Desa.

Dalam kesempatan itu, Kepala DLHK Bolmong Utara Moh. Hidayat Panigoro, mengatakan bahwa tujuan penanaman mangrove ini adalah untuk melindungi garis pantai dari abrasi atau pengikisan.

“Tumbuhan Mangrove ini merupakan salah satu jenis tumbuhan yang memiliki akar kokoh yang dapat meredam gelombang besar termasuk tsunami,” kata Kepala DLHK Bolmong Utara.

Oleh karena itu, kata Hidayat, manfaat penanaman mangrove sangat penting sekali untuk mencegah terjadinya bencana alam.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat Bolmong Utara untuk tidak merusak pohon mangrove.

“Setiap individu harus bisa menjaga lingkungan tanpa merusaknya agar lingkungan tersebut pada akhirnya akan kembali memberikan manfaatnya bagi kita semua,” ujarnya.

Menurut Kadis, karena hutan mangrove dapat menarik minat wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang datang untuk mengetahui sebanyak mungkin manfaat dari hutan mangrove.

“Dengan diadakannya penanaman mangrove ini secara tidak langsung akan memberikan kesadaran dan pembelajaran kepada masyarakat akan pentingnya menjaga ekosistem pantai dengan merawat tanaman mangrove tersebut,” pungkasnya. (Doank)

Pos terkait