Pemda Pohuwato Hadir pembukaan Isbat Nikah di Desa Iloheluma

banner 468x60

POJOKberta.id,POHUWATO,— Desa iloheluma kecamatan Patilanggio menggelar kegiatan Isbat Nikah bekerjasama dengan Forum Puspa Kabupaten Pohuwato dan Pengadilan Agama Pohuwato di aula kantor Desa iloheluma.Rabu,13 Juli 2022.

Kegiatan ini turut di hadiri oleh Pemerintah Daerah yang di wakili oleh Asisten pemerintah Arman Mohamad, Kepala Pengadialan Agama Wahab Ahmad S.HI,S.H, M.H, Camat Patilanggio Bani Kaluku, Kepala Desa Iloheluma Agus Hippy tim Forum Puspa serta Masyarakat Yang melakukan gelar Isbat Nikah Tersebut.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Pengadilan Agama ( PA ) Marisa Wahab Ahmad S.HI,S.H, M.H,. Menyampaikan kegiatan ini merupakan kerjasama PA, Pemerintah Desa serta Forum Puspa guna untuk menyelamatkan admistrasi masyarakat untuk kepentingan umum khususnya buku nikah itu sendiri.

“Kegiatan Isbat Nikah ini merupakan suatu bentuk kerjasama kami bersama Pemerintah Daerah khususnya Pemerintah Desa Iloheluma, dan Forum Puspa Kabupaten Pohuwato sebagai syarat administrasi utama masyarakat dalam kebutuhan pribadi.” Ungkap Wahab.

Sementara itu Arman Mohamad mewakili Pemerintah Daerah menyampaikan pada prinsipnya mendukung penuh pelaksanaan Program Isbat seperti ini karena buku nikah merupakan syarat administrasi umum untuk masyarakat melakukan segala urusannya.

” Saya mewakili Pemerintah Daerah sangat mendukung penuh kegiatan seperti ini dan kami akan terus mendorong kegiatan tersebut. Ucapan terima Kasih juga kami sampaikan kepada pemerintah Desa yang telah menyelenggarakan kegiatan seperti ini terutama untuk Pengadilan Agama dan Forum puspa selaku Pelaksana kegiatan” Ujar Arman.

Agus Hippy selaku Kepala Desa menyampaikan rasa terimakasih kepada Pemerintah Daerah, Pengadilan Agama, dan forum puspa yang telah membantu mensukseskan kegiatan Isbat Nikah di Desa iloheluma khususnya kepada masyarakat yang telah merasa pentingnya berpartisipasi dalam kegiatan ini.

“Ucapan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada Seluruh pihak yang telah memudahkan berjalannya kegiatan Isbat Nikah yang kami selenggarakan khususnya kepada masyarakat saya yang telah sudi berpartisipasi dalam kegiatan ini sebab ini sangat memengaruhi pengurusan – pengurusan semua kepentingan mereka contohnya dari bosan menghambatnya bantuan masuk karena kelemahan Administrasi itu sendiri.” Ungkap Agus

Selanjutnya Ketua Harian Puspa Kabupaten Pohuwato Stenly Nipi menyampaikan pelaksanaan program kolaborasi ini berharap dapat membantu seluruh masyarakat melalui pendekatan pelayanan yang komprehensif dan terpadu. Olehnya sinergitas antar instansi yang merupakan leading sektor menjadi kunci dalam menetas problematika administrasi perkawinan.

“Karena problematika sosial tidak cukup dilakukan oleh satu pihak tapi harus seluruh pihak, dan salah satu memastikan perlindungan hukum dilingkup masyarakat dimulai melindungi kepentingan hukum keluarga yang merupakan unit terkecil masyarakat. Khusus terhadap melindungi kepentingan perempuan dan anak.”Tutur pengacara muda itu.

Penulis   : Isjan/PB.
banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60