Ini Penjelasan Kepala BPN Bolmut,Terkait Pengurusan Sertifikat Tanah Masyarakat

banner 468x60

POJOKberita.id BOLMUT _ Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) menegaskan bahwa tidak ada pungutan biaya sepeser pun, dalam program pengurusan sertifikat tanah berupa Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). saat melaksanakan konferensi pers di ruang Kantor BPN Bolmut,Rabu 15/12/21.

Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala BPN Bolmut, Eni S. Darmayanti. jika sesuai Surat Keputusan Bersama (SKB) Tiga Menteri, maka biaya pengurusan Sertifikat Tanah PTSL di Sulawesi Utara sebesar Rp 350.000,-

Bacaan Lainnya
banner 300x250

“Sesuai Keputusan Bersama Menteri ATR/BPN, Mendagri dan Mendes PDTT, bahwa biaya pra sertifikat tanah di Sulut sebesar Rp 350.000. Warga Bolmut patut bersyukur, karena biaya tersebut sudah dibayar oleh Pemda Bolmut. Oleh karenanya, semua pengurusan administrasi untuk diterbitkannya sertifikat tanah, terbilang gratis” Tutur Darmayanti.

Sеdаngkаn peningkatan sejumlah рrоgrаm, seperti Pеndаftаrаn Tanah Sistematis Lеngkар (PTSL), kata dia, dаlаm tahap perampungan.

“PTSL ѕudаh оn рrоgrеѕѕ, tapi dіrеnсаnаkаn dіѕаlurkаn ѕесаrа simbolis bеrѕаmа реmеrіntаh dаеrаh. Jаdwаlnуа akan dіаgеndаkаn,”Jelasnya.

Damayanti mеmbеbеrkаn, ѕаlаh ѕаtu target уаng akan dіkеbut BPN Bolmut berupa pendistribusian Tаnаh Objеk Rеfоrmа Agrаrіа (TORA).

“Prоgrаm ini ѕаngаt bermanfaat, араlаgі mеndаtаngkаn реndараtаn asli daerah (PAD). TORA, akan kіtа mаkѕіmаlkаn agar mеndаtаngkаn investasi,” pungkas Eni.

Lebih lanjut, dia pun mengatakan, kalau tak ada ada pungutan apa pun bagi warga, baik yang dilakukan oleh BPN sendiri, maupun oleh Pemerintah Desa setempat.

“Untuk BPN sudah ada biaya operasionalnya, jadi tidak bisa melakukan pungutan bagi warga yang akan mengurus sertifikat tanah. Hal yang sama juga berlaku bagi Aparat Pemerintah Desa, itu sudah ada anggarannya yang khusus untuk pengurusan sertifikat tanah,”Terang Eni S Darmayanti

Dia pun menambahkan, di tahun ini, pihaknya telah menerbitkan 2.300 sertifikat tanah gratis.

“Semua sudah diterbitkan, hari ini ada 1.000 sertifikat tanah yang akan diserahkan secara gratis kepada masyarakat,”Tutup Kepala BPN Bolmut Eni S Darmayanti.

( Redaksi/Mor )

 

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60