BPIW KemenPUPR & Bupati Tinjau Pekerjaan Bandara Pohuwato

banner 468x60

POJOKberta.id, POHUWATO,–Proses pekerjaan bandara pohuwato terus dipantau oleh pemerintah, saat ini dari Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Kementerian PUPR didampingi Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) dan Balai Wilayah Sungai Sulawesi (BWSS) bersama Bapppeda Provinsi Gorontalo diwakili Sulastri Husain dan unsur Dinas PUPR Provinsi turut memantau pekerjaan bandara yang menjadi strategis nasional. Selasa, 20 September 2022.

Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga didampingi Kadis Perhubungan, Yunus Mohamad, Plt. Kadis PUPR, Risdiyanto Mokodompit, Sekretaris Baperlitbang, Sunu Hadi Suhandoko dan Dirut PDAM Tirta Maleo, Hairuddin Usman turun bersama memantau penimbunan lintasan dan terminal bandara yang ada di Desa Imbodu Kecamatan Randangan.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Sebelumnya kegiatan diawali dengan pemaparan progres pekerjaan bandara oleh PPK dari kementerian Perhubungan di aula baperlitbang yang dipimpinan oleh Kepala Baperlitbang Pohuwato, Irfan Saleh dan dihadir juga oleh Pejabat Pelaksana Teknis, Suwardi Gafur.

Bupati Saipul Mbuinga mengucapkan terima kasih kepada pihak Kementerian PUPR dalam hal ini BPIW yang melihat dari dekat proses pembangunan bandara pohuwato. Demikian juga dengan pihak terkait lainnya baik itu BPJN, BWSS serta dari Bapppeda Provinsi Gorontalo.

Dijelaskan bupati bahwa bandara pohuwato masuk dalam strategis nasional yang ditargetkan selesai pada 2023.

Olehnya segala kekurangan kiranya dapat menjadi perhatian dari pemerintah provinsi dan kementerian PUPR terlebih akses jalan menuju bandar udara pohuwato.

Melihat perkembangan yang ada jelas Bupati Saipul, pekerjaan bandara terus dipacu, saat ini penimbunan lintasan terus dikerjakan, bahkan lokasi terminal bandara sudah mulai ditimbun. Dengan demikian maka bandara kedua di provinsi gorontalo ini dipercepat pembangunannya yang ditargetkan pada awal 2024 sudah dilakukan penerbangan.

Selanjutnya terkait rencana kunjungan penjabat gubernur gorontalo ke lokasi bandara pohuwato sangat disambut. Insyaallah dengan kunjungan itu akan memberi peluang besar bagi pembangunan yang ada di pohuwato terutama jalan dan fasilitas pendukung lainnya menuju bandara yang diharapkan bisa dilaksanakan pada tahun depan.

Sementara itu, Koordinator Evaluasi BPIW, Kementerian PUPR, Juang Fajar Sadikin menerangkan bahwa kunjugan ke pohuwato dalam rangkaian rapat pengembangan infrastruktur wilayah bersama pihak dari provinsi gorontalo bersama pemerintah pohuwato dengan maksud menjaring informasi kebutuhan daerah yang menjadi program kementerian PUPR khususnya untuk TA 2024.

“Kami datang untuk validasi apa kebutuhan ril di lapangan, karena yang masih tersisa saat ini adalah jalan akses dan nanti dicoba akan didukung lewat skema jalan daerah. Saat ini sudah ada tindaklanjut misalnya pembangunan drainase, keluar kawasan bandara, dukungan air baku atau air minum sudah ada dari pemda atau PDAM maupun provinsi”,terangnya.

Terkait dengan jalan dan lainnya jelas Juang Fajar Sadikin, akan menjadi perhatian pula, sehingga usulan dari provinsi tentu masuk ke kementerian PUPR.

“Karena ini tinggal menyelesaikan pekerjaan yang ada. Terlebih juga bandara pohuwato ini menjadi perhatian nasional dan juga ada di RPJMN. Lewat skema daerah prosesnya di kementerian PUPR kami coba untuk mengawalnya”,pungkasnya.

Penulis  : Isjan PB.

Pos terkait