Sambut Hari Raya Nyepi, Umat Hindu di Pohuwato Gelar Upacara Melasti

Upacara Melasti
banner 468x60

POJOKberita.id, Pohuwato – Dalam menyambut Hari Raya Nyepi, Umat Hindu di Kabupaten Pohuwato menggelar Upacara Melasti di pantai Libuo, Kecamatan Paguat, Senin (28/02/22).

Kegiatan tersebut dihadiri, Gubernur Gorontalo, Ruslie Habibie, Bupati Pohuwato, Saiful Mbuinga, Kakan Kemenag, Assisten Pemkesra, dan Kepala Kesbangpol Pohuwato.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Pada kesempatan itu, dalam sambutanya, Bupati Pohuwato Saiful Mbuinga, mengatakan, upacara melasti yang dilaksankan oleh umat hindu di pohuwato, merupakan ritual penyucian diri dalam menyambut Hari Raya Nyepi.

“Penyucian diri dan peleburan segala macam kotoran yang melekat pada jiwa, fikiran, perkataan, serta perbuatan manusia, penyuciannya menggunakan media air suci atau tirta amerta agar kita menjadi sosok manusia yang suci dari pengaruh keburukan yang sering menjerumuskan manusia ke dalam tindakan yang bertentangan dengan kodrat sebagai mahluk Tuhan yang terbaik di muka bumi,” kata Saiful.

Dirinya berharap, tradisi ini akan terus di pertahankan oleh umat hindu di Pohuwato. “Dapat menangkap tujuan dan makna yang terkandung dalam dan selalu menjadikan sebagai pedoman hidup dalam segala tindak dan perilaku kehidupan sehari hari,” harap Saiful.

Sementara itu, Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie, mengatakan, dirinya merasa bangga ketika melihat masyarakat Bali yang tinggal di Provinsi Gorontalo tapi masih mempertahankan budayanya. Terlebih di zaman modernisasi ini banyak orang yang justru pura pura lupa darimana mereka berasal. (*)

 

 

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60