PT. RJM Menangkan Gugatan Solar Cell, Pemkab Bolmong Bayar Kerugian

Solar Cell
banner 468x60

POJOKberita.id, Kotamobagu – PT. RJM menangkan gugatan terkait pengadaan lampu jalan tenaga matahari (Solar Cell) terhadap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong).

Hal itu diketahui dari penjelasan Hakim Junita Beatrix MA’I, S.H, M.H, selaku Pemimpin sidang di Pengadilan Negeri (PN) Kota Kotamobagu, Selasa (01/03/22). Dirinya menerangkan bahwa surat perjanjian antara PT. RJM dan pihak sangadi itu sah dimata hukum.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Sehingga menurutnya, PN Kota Kotamobagu harus mengabulkan beberapa gugatan yang di ajukan oleh PT. RJM dimana pihak tergugat di wajibkan untuk membayar kerugian sesuai yang disepakati antar kedua pihak” ucap Hakim Beatrix sa

Hakim Beatrix dalam sidang tersebut juga merincinkan bahwa adapun yang harus di bayarkan oleh tergugat ke PT. RJM baik itu Kerugian materil (sesuai surat perjanjian dan nota pemesanan) sedangkan kerugian in materil (Jumlah yang belum di bayarkan di x 3.5 {fb79624960361dfb0bcf8351b2465311adf1ce10b74c549477b73c62b428822e} selama 2 tahun).

Dilain pihak, Kuasa Hukum PT. RJM, Ricci, SH, MH, dan Janaek Situmeang, SH, Kepada awak media mengatakan sebelumnya pihaknya selaku kuasa hukum penggugat dari awal optimis menang jika melihat dari hasil sidang-sidang sebelumnya.

Pasalnya, dari keterangan saksi-saksi jelas menguntungkan perusahan, terlebih dari seluruh proses persidangan tidak satupun saksi dari tergugat.

”Dari awal kami optimis bisa menang dalam perkara ini, sebab saksi dan bukti kami dalam persidangan telah sangat jelas, ditambah lagi dari pihak tergugat yang seharusnya mendatangkan saksi, justru tidak ada,yang ada malah dari turut tergugat,” ujar Ricci.

Pada dasarnya kata Ricci, ini merupakan sidang gugatan sederhana tidak ada upaya hukum seperti banding, kasasi atau peninjauan kembali.

“Ada 26 desa yang lalai akan kewajibannya dan kami baru ajukan gugatan 5 desa, Untuk 21 desa lainnya tolong bayarkan kewajibannya sebelum saya ajukan gugatan, karena jelas pihak perusahan merasa sangat di rugikan materil dan in materil,” ungkap Ricci.

Sementara itu, dalam menanggapi Surat Putusan PN Kota Kotamobagu, Pihak tergugat yakni Pemkab Bolmong, melalui Asisten 1 Deker Rompas mengatakan, bahwa pihaknya akan berkordinasi kembali dengan kuasa hukum. “Apakah akan ada upaya hukum kembali kita lihat saja nanti,” ungkap Deker sambil bergegas meninggalkan PN Kota Kotamobagu. (*)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60