Pemkab Pohuwato Gelar Adat Tonggeyamo

Adat Tonggeyamo
banner 468x60

Pohuwato, POJOKberita.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pohuwato menggelar adat tonggeyamo untuk penetapan 1 Ramadhan 1443 Hijriah.

Adat Tenggeyamo merupakan pemberitahuan resmi lembaga adat dan pemerintah daerah kepada umat muslim dengan mengacu pada hasil Sidang Isbat Kementerian Agama RI. Berdasarkan hasil Sidang Isbat, 1 Ramadan 1443 Hijriah ditetapkan jatuh pada hari Minggu, 3 April 2022.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

“Setelah kita semua menyimak penyampaian Menteri Agama telah menentukan 1 Ramadhan jatuh pada hari Ahad 3 April 2022. Berdasarkan hasil dari kesimpulan rukhiatul hilal di 101 titik, melaporkan saat ini 2 derajat di atas ufu sedangkan ketetapan Menteri Agama itu di tetapkan bila mencapai 3 derajat di atas ufu baru bisa melakukan secara berjamaah,” ucap Kepala Kemenag Pouwato Fahri Zafar dalam sambutannya. Jumat (01/03/22)

Di waktu yang bersamaan juga, Kepala Qodhi Kabupaten Pohuwato Saiful Sabu menyampaikan, akan mengikuti apa yang menjadi aturan pemerintah Kabupaten Pohuwato dan seluruh element-element dan instansi yang terkait.

“Kami selaku pelaksana adat yang di percayakan di Kabupaten Pohuwato tetap mengikuti aturan yang berlaku dan perlu kami sampaikan pelaksanaan sholat tarawih berjamaah akan di laksanakan bersama dan akan di mulai di Masjid Besar Baiturahman Kabupaten Pohuwato pada besok malam,” ungkap Saiful Sabu.

Sementara itu, Bupati Pohuwato Saipul Mbuinga, berharap, masyarakat mengawali tarawih dan puasa di bulan ramadan ini sesuai anjuran pemerintah.

“Saya berharap kepada seluruh umat muslim yang ada di Kabupaten Pohuwato amalia di bulan ramadan itu di laksanakan besok malam mengikuti anjuran Pemerintah Pusat., Harap Saipul.

perlu diketahui, kegiatan tersebut mengikuti protokoler kesehatan dengan mencuci tangan dan memakai masker.

Penulis: Isjan/PB.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60