Hilir PETI Dengilo Ditutup, Cagar Alam Mulai Beraktivitas

banner 468x60

Pohuwato, POJOKberita.id – Setelah dilakukan penertiban 1 bulan yang lalu oleh Polda Gorontalo, penambang emas tanpa izin kembali beraktivitas oleh oknum-oknum yang kebal hukum.

Dalam pantauan POJOKberita.id, masih ada aktivitas yang dilakukan oleh pelaku tambang ilegal. Lebih ironisnya cagar alam yang ada di lokasi tambang Dengilo tersebut, mulai terancam dilakukan oleh penambang itu sendiri.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Sebelumnya aktivitas pertambangan itu sendiri berada di hilir cagar alam, tetapi kali ini aktivitas pertambangan sudah masuk pada area cagar alam.

Bahkan sudah ada 12 alat Excavator yang mulai beroperasi di lokasi tambang, tak hanya itu alat Excavator sendiri semakin bertambah semakin hari.

Lebih anehnya lagi alat tersebut beroperasi pada siang dan malam hari, dibantu oleh penambang yang tidak mengenal waktu itu.

Aktivitas Penambangan di Malam Hari (Foto: Istimewa)

Pada saat itu salah satu warga yang enggan disebutkan namanya, merasa kebingungan terkait aturan yang berlaku saat ini. Karena aktivitas pertambangan sudah dilakukan penertiban oleh Polda Gorontalo belum lama ini, tetapi saat ini malah melakukan aktivitas di cagar alam.

“Saya bingung pak bagaimana sebenarnya maksud penertiban PETI ini, sewaktu banyak pekerjaan di bawah yang merupakan lahan bersertifikat dilarang. ketika Cagar Alam ada pekerjaan pihak kepolisian hanya diam dan tutup mata, apalagi Polres Pohuwato sendiri yang nyatanya ini sudah jelas-jelas lebih merusak” ungkapnya, Sabtu (09/04/22)

Olehnya berharap, para penanggungjawab untuk segera menindaklanjuti persoalan tersebut, karena cagar alam sudah mulai terancam oleh pelaku yang tidak bertanggungjawab

“Saya berharap seluruh element-element yang bertanggung jawab yang berkaitan persoalan PETI, untuk bisa segera mengambil langkah tepat sebelum terjadi hal-hal yang di khawatirkan. Apalagi dengan nasib kami yang berada dataran rendah,” pungkasnya

Penulis: Isjan/PB.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60