Diduga Sisa Anggaran Rumah Komunitas di Pohuwato Teindifikasi Pungli

Rumah Komunitas di Pohuwato
banner 468x60

POJOKberita.id, Pohuwato – Ikbal Bau, salah satu warga yang ada di Desa Marisa Utara, Kecamatan Marisa menduga sisa anggaran Rumah Komunitas di Pohuwato terindifikasi pungli.

Dirinya menilai, permasalahan rumah komunitas di pohuwato tersebut tidak memiliki kejelasan sampai dengan saat ini. “Bahkan lahan yang di siapkan oleh pemerintah desa tidak sesuai dengan prosedur yang ada,” ungkap Ikbal, Kamis (10/03/22).

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Pasalnya kata Ikbal, di tahun 2020 kemarin sudah ada 50 Kelompok Penerima Manfaat (KPM) yang menyetorkan anggaran sebesar Rp.7,5 juta. Tetapi, di tahun 2021 ada pihak yang mengaku dan mengatasnamakan pemerintah desa setempat, meminta lagi anggaran kepada pihak penerima manfaat sampai ratusan rupiah, dengan alasan beragam.

“Jika mau hitung-hitungan, masih ada sisa anggaran dari pembebanan yang dilakukan oleh pihak pemerintah desa kemarin sebanyak Rp200 juta, dikemanakan anggaran itu sekarang,” beber Ikbal.

“Kemarin sudah kami konfirmasi ke dinas perkim, namun pihak dinas perkim mengatakan tidak membadani dan tidak mengetahui apa yang terjadi di desa apalagi sampai ada pungutan,” lanjutnya.

Secara tegas, Ikbal Bau juga menyatakan, bahwa demi kelancaran dan kesuksesan program-program kerja yang saat ini dijalankan dan dilaksanakan di Desa Marisa Utara, maka pihaknya pun akan terus meneropong secara dekat pekerjaan tersebut.

“Rumah komunitas ini kami inginkan harus ada kejelasan, sampai dimana prosedur pengurusannya. Rumah sehat komunitas ini kan untuk bagaimana mewujudkan harapan warga miskin untuk memiliki perumahan elite secara gratis, kenapa di persulit seperti ini,” tanya Ikbal dengan kesal.

Ikbal Bau pun berharap, Kepala Desa bersama perangkat desa setempat segera menjelaskan prosedur pembangunan rumah komunitas tersebut, sebab komposisi pendanaan bagi rumah sehat komunitas terbanyak itu dari dana desa.

“Saya berharap kepada Kepala Desa harus memberikan kejelasan kepada masyarakat, agar hasil daripada program ini benar-benar dapat dinikmati masyarakat dengan puas, tanpa diikuti dengan kekecewaan dan masyarakat yang menempati rumah komunitas pun bisa mendapatkan kenyamanan,” tutup Ikbal.

Penulis: Isjan/PB.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60