Bupati Pohuwato: Pelatihan Pendidikan, Solusi Kurangi Pengangguran

Bupati Pohuwato
banner 468x60

POJOKberita.id, Pohuwato – Bupati Pohuwato, Saipul Mbuinga, membuka kegiatan pelatihan berbasis kompetensi program pendidikan dan pelatihan vokasi UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) di Aula Universitas Pohuwato (Unipo), Rabu (02/03/22).

Dalam sambutanya, Bupati Pohuwato, mengatakan, pelatihan pendidikan dan pelatihan vokasi merupakan solusi yang tepat dalam mengurangi angka pengangguran.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Hal itu dikarenakan, pemberdayaan angkatan kerja melalui BLK, menurut Saipul merupakan pilihan yang tepat dalam menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang terampil dan siap menghadapi dunia kerja, khususnya bagi masyarakat yang memiliki tingkat pendidikan SMP, SMA dan Sarjana.

UPTD BLK Pohuwato juga merupakan salah satu instrumen lembaga pemerintah untuk pengembangan SDM yang diharapkan dapat mentransfer pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja produktif dengan berbagai kurikulum dan program pelatihan yang telah disusun berdasarkan standar kompetensi kerja nasional Indonesia (SKKNI)

Terakhir, dengan adanya pelatihan ini, Saipul mengucapkan terima kasih kepada UPTD BLK Pohuwato yang telah melakukan komunikasi dan koordinasi dengan Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia melalui BLK Makassar sebagai BLK binaan.

Sementara itu, Kepala BLK Pohuwato, Ferny Deity Lengkong, menjelaskan, Kementerian Ketenagakerjaan Direktorat Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas melaksanakan program pendidikan dan pelatihan vokasi pada UPT dalam hal ini kabupaten pohuwato dengan tujuan untuk mempersiapkan tenaga kerja Indonesia agar mampu beradaptasi, berdaya saing ditengah perubahan dunia kerja. “Ini juga salah satu syarat untuk meningkatkan SDM dan mengurangi angka pengangguran,” ujar Ferny.

Ini juga kata Ferny, merupakan Program yang sejalan dengan visi misi Pemerintah Daerah dalam mewujudkan masyarakat yang produktivitas dan inovatif.

Perlu diketahui, pelatihan berbasis kompetensi tahap I terdiri dari 3 kejuruan yaitu kejuruan otomotif motor injeksi, yaitu menjahit pakaian dengan mesin, komputer, operator assistant (COA) dua kejuruan dan listrik yaitu pemasangan instalasi listrik bangunan sederhana.

Pelatihan dilaksanakan di dua desa yaitu Desa Lomuli, Kecamatan Lemito, dan Desa Taluduyunu, Kecamatan Buntulia, yaitu Pelatihan Procecing Mobile Training Unit (MTU), pengolahan buah dan ikan. Pelatihan berlangsung selama 30 sampai 33 hari dan diikuti peserta dari seluruh kecamatan se-Kabupaten Pohuwato dengan instruktur dari BLK Disnaker Pohuwato dan dosen dari Unipo.

Penulis: Isjan/PB

 

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60