Apel Gabungan TNI-Polri, Antisipasi Situasi Aksi Unras di Wilayah Pohuwato

Unras di Wilayah Pohuwato
banner 468x60

Pohuwato, POJOKberita.id – Antisipasi perkembangan situasi aksi Unjuk Rasa (Unras) serentak pada tanggal 11-13 April 2022 oleh seluruh mahasiswa se-Indonesia, Polres Pohuwato menggelar apel gabungan TNI-Polri di Mapolres Pohuwato. Minggu (10/14/22).

Apel tersebut dipimpin Kapolres Pohuwato AKBP Joko Sulistiono dan diikuti 295 orang.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Bukan hanya itu, apel ini juga melibatkan Kabidkum Polda Gorontalo, Karorenna Polda Gorontalo,Danramil 01/Paguat Dim 1313/Phw, Pasi Intel Dim 1313/Phw, Pasi Ops Dim 1313/Phw, Pasipers Dim 1313/Phw, Personel Kodim 1313/Phw berjumlah 75 orang, Personil Polri 220 orang.

Pada kesempatan itu, Kapolres Pohuwato AKBP Joko Sulistiono, menyampaikan, apel ini digelar guna mengantisipasi gangguan Kamtikbmas. “Maka pada hari Minggu ini kita melaksanakan apel kesiapsiagaan. Ini dilakukan agar kita siap mengamankan pelaksanaan kegiatan aksi unjuk rasa di wilayah kabupaten Pohuwato.
Dan Kami berharap kita tetap melakukan deteksi dini bersama di wilayah kita, juga di universitas nanti kasat Intel dan personil intelijen lakukan monitoring kegiatan tersebut dan lakukan penggalangan supaya tidak terjadi aksi unjuk rasa,” ungkap Kapolres.

Di waktu yang bersamaan juga, Kabagops Polres Pohuwato, mengatakan apel ini dilakukan guna mengetahui strategi dan tindakan apa yang akan diambil dalam penanganan aksi unras tersebut.

“Hari ini juga kita akan melaksanakan pemetaan pengamanan, ini wajib diketahui oleh seluruh anggota, ini bertujuan untuk mengetahui apa strategi dan tindakan yang kita ambil dalam menangani aksi unjuk rasa. Dan Rekan-rekan TNI dapat memberikan menjelaskan kepada anggota TNI dalam pengamanan aksi unjuk rasa nanti, silakan dipersiapkan di Homebase, kami sudah disiapkan petanya. Saat ini Kita akan simulasikan siapa berbuat apa, diperhadapkan dengan kegiatan yang sebenarnya,” jelasnya.

Sementara itu, Karorenna Polda Gorontalo Kombespol Suratno juga menyampaikan agar mengamankan Aksi unjuk rasa tersebut sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku “ada hak setiap warga negara sebagaimana dilindungi oleh negara dan undang-undang,” ujar Kombespol Suratno.

Ia berharap kepada seluruh personil yang nantinya akan bertugas agar tetap mengedepankan cara-cara yang etis dan bermartabat untuk menjaga nama baik NKRI.

“Kami ingatkan, dalam pelaksanaan kegiatan pengamanan kita memakai cara-cara yang etis, sopan, sesuai dengan irama, dinamika, kegiatan yang ada di lapangan,” tutupnya.

Sabagai informasi, dari pantauan POJOKberita.id, apel gabungan TNI-Polri selesai dengan aman dan lancar kemudian dilanjutkan masing-masing perwakilan untuk melaksanakan kegiatan Taktical Forgenst (FGT).

Penulis: Isjan/PB

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60