BOLMUTPARLEMEN

Kungker : Komisi I DPRD Bolmut Menemukan Beberapa Ruangan PKM Biontong Yang Rusak

POJOKberita.ID — Komisi I DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Kamis (14/01/2021) melakukan kunjungan kerja (kunker) Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) wilayah Kecamatan Bolangitang Timur (Biontong) Terdapat Banyak Kerusakan.

Dalam kunker Komisi I diantaranya,Reksosiswoyo Binolombangan, Hi. Juldin Bolota, S.IP, Budi Setiawan Kohongia, Husen Yahya Suit Pontoh.  Tinjauan itu, Komisi I melihat fasilitas kesehatan (faskes), meminta informasi baik usulan ataupun masalah yang dihadapi  Puskesmas Biontong dalam pelayanan kesehatan masyarakat.

Dalam diskusi bersama Kepala Puskesmas Biontong,Hermanto Pontoh S ,Gz menjelaskan bahwa puskesmas Biontong Baru Dalam persiapan.

Kemudian, Hermanto, juga mengungkapkan bahwa dalam pelayanan kesehatan pihaknya turun langsung ke rumah-rumah warga melakukan pemeriksaan kesehatan.

“Dalam pemeriksaan kesehatan kami datang langsung di rumah pasien tidak hanya menunggu di puskesmas. Kami juga terlibat langsung pada Musrenbang Desa, karena ada program kesehatan yang didanai oleh dana desa, seperti pemeliharaan pustu dan poskesdes, penunjang pencegahan stunting ada pembangunan jamban, makan tambahan untuk bayi dan balita,” Ungkapnya.

Selain itu, ia juga mengungkapkan beberapa kendala yang dihadapi pihak puskesmas seperti masih terbatasnya alat kesehatan dan tenaga medis.

“Masalah pelayanan, kami memang keterbatasan sarana prasarana yang masih kurang dan SDMnya, yang mudah-mudahan apa yang kami usulkan dapat di perjuangkan oleh bapak dewan terhormat,” Harapnya seraya mengapresiasi kunker

Menanggapi masalah yang di hadapi  puskesmas Biontong tersebut, tim Komisi I DPRD Bolmut bersepakat setelah meninjau langsung kondisi fasilitas kesehatan dan menyerap aspirasi melalui Kepala Puskesmas dan jajarannya, pihak DPRD akan berupaya membahas hal itu dalam reses maupun rapat bersama.

Menyikapi itu, Ketua Komisi I DPRD Bolmut, Reksosiswoyo Binolombangan berjanji akan menayakan  hal itu ke Dinas yang memiliki otoritas.

“Terkait kerusakan ini, Komisi I akan berkoordinasi dengan pihak  Dinkes Bolmut untuk mencari solusi,” kata dia disela-sela kunjungan.

Hal serupa juga diungkapkan Sekretaris Komisi I Budi Setiawan Kohongia. Menurut dia, banyaknya kerusakan di Puskesmas Biontong menjadi catatan penting untuk disampaikan ke Dinkes Bolmut.

Dia mengatakan, kerusakan tersebut sangat penting dan urgen untuk segera disikapi pihak Dinkes.

“Sebab Puskesmas merupakan garda terdepan dalam melakukan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Kalau begini modelnya, kasihan juga para masyarakat yang datang berobat ke Puskesmas Biontong,” kata Aris sapaan akrbanya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Biontong, Hermanto Pontoh menyampaikan terima kasih kepada Komisi I yang telah berkunjung.

Dia berharap kedatangan Komisi I itu dapat mewujudkan semua harapan keluarga besar Puskesmas Biontong.

Diketahui,Puskesmas Biontong dibangun pada pertengahan tahun 2019 dengan besaran anggran Rp.5,3 miliar Dana Alokasi Khusus (DAK).

(IpouL Pojok)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button