BOLMUTDAERAH

Pemerintah Desa Gihang Salurkan BLT DD Tahap Satu untuk 155 KK

POJOKberita.ID,BOLMUT–  Pemerintah Desa (Pemdes) Gihang, Kecamatan Kaidipang, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (bolmut) menyalurkan dana Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahun 2020 kepada warga Masyarakat Desa Gihang yang terdampak pandemi Corona Virus Desease (Covid-19). Penyerahan berlangsung di halaman kantor desa setempat Secara Simbolis, Kamis (14/5/20).

“Hari ini Kamis tanggal 14 Mei 2020, Pemerintah Desa Gihang menyalurkan BLT-DD yang diserahkan secara simbolis oleh Camat Yang Di wakili Kasih Pemerintahan kepada 155 Kepala Keluaraga (KK) yang masuk dalam verifikasi Data oleh Pemerintah Desa ,” kata Kepala Desa Gihang Samsul Korompot.

Dalam penyaluran dana BLT DD tahun 2020 ini dihadiri Camat yang diwakili kasih pemerintahan Sudurin Sehe S.pd, Kapolsek Urban Kaidipang, Babinsa,Ketua BPD , Pendamping Desa, Tenaga Ahli (TA) dan pendamping lokal desa dan warga penerima BLT DD.

Menurut Kepala desa , sebelum penyaluran BLT DD, pihak Pemdes melakukan proses pendataan terhadap warga desa. Dimana Pemdes Gihang dan tim relawan untuk melakukan pendataan.

Lebih lanjut Korompot menjelaskan, ada beberapa bantuan yang diberikan pemerintah kepada masyarakat untuk menghadapi dampak pandemi Covid-19, diantaranya ada bantuan BLT-DD, Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS),Sembako,BST,PMDA,PNS/Pensiunan.

Menurut Samsul, warga yang menerima BLT-DD ini setelah melalui proses dari pramusdes, turun ke lapangan untuk mendapatkan data warga, hingga Musyawarah Desa Khusus (Musdessus) yang menentukan warga yang menerima bantuan.

“Ke 155 KK penerima BLT-DD itu berdasarkan kriteria yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Dari 14 kriteria, Pemdes Gihang mengambil minimal 9 (sembilan) kriteria yang ada,” ucap kepala Desa Samsul Kprompot.

“Masyarakat sebagai penerima bantuan harus tahu bahwa hanya bisa menerima satu jenis batuan, tidak bisa double, ini disampaikan agar tidak terjadi kesalahpahaman antara masyarakat penerima bantuan dengan pemerintahan desa”, jelasnya.

Sementara, camat Yang diwakili Kasih Pemerintahan, Sudurin Sehe Spd. tetap memberikan himbauan kepada masyarakat untuk selalu mengikuti protokol kesehatan yang telah di buat oleh pemerintah. Masyarakat dihimbau untuk tidak melakukan kegiatan yang berkumpul dan untuk selalu jaga jarak agar bisa memutuskan penyebaran Cofid-19.

“Virusnya ini  tidak kelihatan, kita harus pandai menjaga diri, jaga kebersihan, cuci tangan sebelum makan dan setelah berkatifitas di luar rumah. Virus corona ini penyakit yang berbahaya, jangan merasa hebat dan jangan di tantang,” katanya.

(Mor Job)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button